Gajah Afrika Sebagai Salah Satu Hewan Terbesar Di Dunia

Dunia kita kaya akan jenis hewan, ada hewan yang tidak terlihat dengan mata telanjang, dan ada juga hewan terbesar di dunia yang menjadi raksasa bagi lingkungan dimana dia hidup dan bahkan di seluruh dunia. Besar di sini bukan hanya menyangkut ukuran tubuh saja, tapi juga bisa berat badan atau tinggi hewan tersebut. Kebanyakan hewan besar memang susah untuk bertahan hidup dan banyak yang sudah punah namun bukan berarti keberadaan mereka sudah tidak ada lagi.

Hewan terbesar di dunia mungkin akan membuat kita berpikir tentang makhluk-makhluk raksasa purbakala bernama dinosaurus saja yang sudah tidak dapat kita lihat wujudnya di jaman sekarang ini. kita hanya bisa mengenang mereka melalui imaginasi manusia lewat dokumentasi perfilman atau kerangkanya saja. Namun sekali lagi, besar bukan berarti ukuran saja, dengan kata lain kita juga punya hewan-hewan terbesar di dunia yang masih hidup di jaman sekarang ini.

Salah satu hewan terbesar di dunia yang akan kita bahas adalah gajah afrika. Dalam spesies gajah, gajah Afrika merupakan gajah terbesar di seluruh dunia. Berikut ciri-ciri dan keunikan yang dapat kita kenali dari gajah tersebut:

  1. Hanya ditemukan di Benua Afrika,
  2. Memiliki ukuran pungung dan daun telinga yang lebih lebar dari gajah jenis lainnya,
  3. Jika gajah pada umumnya memiliki lubang hidung satu, gajah ini memiliki dua lubang hidung,
  4. Gajah ini bisa mencapai tinggi hingga 3,7 meter dan panjang 7,5 meter dengan berat 6 ton,
  5. Untuk mengisi perut, setiap hari dibutuhkan 100-150kg makanan dan 200 liter air untuk minum,
  6. Memiliki pola hidup berkelompok.

Sebagai salah satu hewan terbesar di dunia, gajah secara alamiah tidak memiliki musuh yang dapat membunuhnya dengan mudah. Namun, gajah tetaplah hanya hewan yang tidak lebih pintar dari manusia. Manusia sering membunuh gajah secara membabi buta demi mendapatkan gading gajah yang bernilai ratusan juta di pasaran. Untuk itu pemerintah Afrika sendiri sedang berusaha untuk mencegah kepunahan gajah akibat ulah manusia. Semoga saja di masa mendatang kita masih dapat melihat salah satu hewan raksasa berbelalai panjang ini.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment