Fakta tentang Zebra

Tidak ada hewan yang memiliki pola yang lebih khas dari zebra. Garis-garis/stripes di setiap hewan merupakan hal unik seperti sidik jari. Tidak ada yang persis sama.

Zebra merupakan binatang mamalia, yang bisa hidup di alam liar hingga 25 tahun, memiliki tinggi (diukur dari bahu) 1,1 – 1,5 meter, dan berat 200 – 450 kg.

Mengapa zebra memiliki stripes di seluruh tubuhnya? Para ilmuwan belum bisa memastikan, tetapi banyak teori berpusat pada utilitas mereka sebagai suatu bentuk kamuflase. Pola stripesnya dapat menyulitkan bagi predator untuk mengidentifikasi mereka dari kawanan berjalan dan mendistorsi jarak saat fajar dan senja. Karena keunikan mereka, garis-garis/stripes juga dapat membantu zebra mengenali satu sama lain.

Zebra adalah hewan sosial yang menghabiskan waktunya dalam kawanan atau berkumpul bersama. Mereka minum, makan rumput bersama dan bahkan mandi bersama.

zebra2

Mereka hidup dalam kelompok-kelompok kecil keluarga yang terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak-anak mereka.

Zebra memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik, yang membantu mereka mengetahui keberadaan dari predator seperti singa, hyena, dan cheetah. Hal ini juga membantu bahwa mereka dapat lari hingga 56 km/jam (35 mph) dan mereka juga memiliki tendangan yang kuat.

Zebra harus selalu waspada terhadap singa dan hyena. Mereka merupakan sebuah kawanan yang memiliki banyak mata waspada terhadap bahaya. Jika seekor zebra diserang, keluarganya akan datang ke pertahanan, mengelilingi zebra yang terluka dan mencoba untuk mengusir predator.

Penyebaran Zebra

Penyebaran Zebra

Sumber: NatGeo, Animal Fact Guide

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment