Fakta tentang Singa (1)

Tinggal di padang rumput, semak belukar, dan hutan terbuka dari sub-Sahara Afrika, singa adalah kucing terbesar kedua di dunia. Ukurannya sedikit lebih kecil dari harimau, mereka erat terkait dan memiliki tipe tubuh yang sangat mirip.

SingaTidak seperti kucing besar lainnya, singa adalah hewan yang sangat bersosial. Mereka hidup dalam kelompok-kelompok, lebih kurang ada sekitar 30 singa dalam kelompoknya. Terdiri dari tiga jantan, selusin betina, dan selebihnya anak-anak mereka. Banyaknya anggota kelompok ditentukan oleh ketersediaan makanan dan air.

Anggota kelompok melacak satu sama lain dengan mengaum. Singa jantan dan betina memiliki suara auman yang sangat kuat yang dapat didengar hingga 8 km.

Pria dan wanita mengambil peran yang sangat berbeda dalam kelompok. Singa jantan menghabiskan waktu mereka menjaga wilayah mereka dan anak mereka. Mereka mempertahankan batas-batas wilayah mereka.

Singa betina adalah pemburu utama kelompok. Mereka lebih kecil dan lebih lincah dibandingkan dari singa jantan. Tapi karena mangsanya masih umumnya lebih cepat daripada mereka, mereka menggunakan kerja sama tim untuk menaklukkan mangsanya.

Singa biasanya berburu di malam hari. Mangsa mereka adalah antelop, kerbau, zebra, gajah muda, badak, kuda nil, babi liar, buaya dan jerapah. Tapi mereka juga kadang-kadang memakan mangsa yang lebih kecil seperti tikus, burung, kelinci, kadal, dan kura-kura.

Setelah sukses berburu, semua singa dalam kelompok berbagi makanan. Tapi ada urutan kekuasaan, dengan jantan dewasa mengambil klaim pertama, diikuti oleh singa-singa betina, dan terakhir anaknya.

Baca fakta selanjutnya di “Fakta tentang Singa (2)“.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

4 Comments

Add Comment