Fakta Menarik Tentang Ular

Ular adalah jenis binatang reptil yang sampai saat ini masih di takuti oleh sebagian orang. Bahkan ular kecil pun kita mungkin akan sangat ketakutan karena kita mengira bahwa semua ular itu berbisa. Bahkan untuk memegangnya, melihatnya pun kita sudah ketakutan setengah mati.

Banyak sekali jenis dan spesies ular di bumi ini, dari spesies ular yang terkecil hingga jenis ular yang paling besar. Dari ular yang tidak berbisa sampai ke ular yang paling berbisa. Mungkin saja sekarang rekor king cobra sudah di patahkan oleh ular lain. Namun dari sekian banyak spesies terdapat ciri khas ular selain jalannya yang tanpa kaki dan tidak mempunyai tangan, juga lidah ular yang selalu menjulurkan. Mungkin kita pun tidak pernah tau dan menganggap wajar ular selalu menjulurkan lidahnya. Padahal ada fakta menarik di balik juluran lidah ular ini.

ular terbesar di dunia

Lidah ular berfungsi sebagai pengganti panca indra telinga. Ya karena ular tidak mempunyai telinga sehingga lidah pun di jadikan telinga. Kenapa demikian? karena ternyata lidah ular mempunyai fungsi untuk membaca getaran udara dan bau, sehingga ular tau kalau ada musuh yang mengintainya dari belakang ataupun yang tak terduga. Mungkin bisa juga dikatakan sebuah antena dalam mencari mangsanya. Selain itu ular sebetulnya tidak tertarik pada suara suling, bagaimana bisa hewan yang tidak mempunyai telinga bisa mendengar suara suling? ular mengikuti alunan suling, bukan karena suaranya, melainkan dari gerakan suling itu sendiri. Ular mengikuti gerakan arah suling itu sebagai pertanda ular itu dalam keadaan siaga atau waspada.

Sekian yang dapat Binatang.NET sampaikan, baca juga artikel lain tentang ular yaitu tips memelihara ular, ular terbesar di dunia dan tips mengatasi gigitan ular bebisa.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment