Fakta Menarik Tentang Gecko atau Tokek

Saat ini masyarakat tak hanya memilih anjing dan kucing sebagai hewan peliharaan. Ada pula masyarakat awam yang memilih hewan-hewan unik sebagai teman bermainnya sehari-hari. Salah satunya adalah gecko atau yang biasa disebut dengan nama tokek. karena binatang tokek atau gecko ini sangat unik, sehingga banyak pecinta binatang mulai melirik pangsa pasar peluang beternak tokek ini, sebagian kecil orang memulai usaha budidaya beternak tokek.

Tokek termasuk binatang reftil dengan ukuran yang kecil, mempunyai istilah ilmiah Eublepharidae, merupakan kelas reptil yang termasuk kelompok cicak besar dalam family Gekkonidae yang merupakan jenis tokek termahal. Unik dan banyak di gemari oleh kalangan tertentu

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada banyak jenis tokek, namun istilah tokek secara sempit biasa dipadankan bagi anggota marga Gekko, suku Gekkonidae. Sedangkan tokek dalam bahasa awam umumnya merujuk kepada tokek rumah (Gekko gecko), yang memiliki persebaran luas.

Marga Gekko menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, ke utara hingga Korea dan Jepang, ke timur –melintasi Kepulauan Nusantara dan Filipina– hingga ke Kepulauan Solomon dan Santa Cruz di Pasifik.

Fakta tentang tokek

Fakta tentang tokek

Hewan melata yang satu ini memang unik. Gecko mempunyai variasi warna yang cantik. Tak heran banyak orang yang tertarik dengan hewan yang satu ini. Selain menarik, tokek juga memiliki beberapa fakta yang mungkin tak banyak diketahui orang. Berikut ini adalah beberapa fakta tersebut.

Fakta Menarik Tentang Tokek

1. Mayoritas tokek adalah hewan nokturnal. Hewan ini lebih aktif pada malam hari. Meskipun begitu, ada pula tokek yang juga aktif di siang hari. Suara nyaring yang biasanya dikeluarkan tokek pun digunakan untuk melakukan beberapa hal. Di antaranya adalah mengusir pengganggu dari teritorinya ataupun menarik minat tokek betina.

2. Seperti halnya cicak, tokek juga memiliki kemampuan untuk memutus ekornya kala dirinya terancam. Ekor tersebut juga berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan berupa lemak. Selain itu, ekor tokek juga berguna sebagai penyeimbang kala menaiki pohon atau tempat-tempat yang tinggi.

3. Kebanyakan tokek memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang sangat tinggi. Sebagai contoh adalah tokek Namib Desert yang memiliki kaki seperti jaring. Kaki tersebut pun membantunya untuk bisa berjalan dengan mudah di atas pasir. Contoh lainnya adalah Tokek Satanic leaf-tailed yang habitatnya ada di Madagaskar. Tokek ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun kering. Hal ini pun membantunya agar terhindar dari para pemangsa.

4. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gecko adalah hewan dengan kemampuan adaptasi yang tinggi. Selain itu, hewan ini juga bisa ditemukan hampir di seluruh belahan dunia, kecuali Antartica. Hewan ini mampu bertahan di berbagai kondisi lingkungan, baik di padang pasir, hutan ataupun pegunungan.

Selain fakta di atas, masih banyak fakta-fakta menarik lainnya terkait seekor tokek atau gecko. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memelihara seekor tokek? Sekian tentang Fakta Menarik Tentang Gecko atau Tokek, semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment