Fakta Menarik tentang Armadilo Pink

Armadilo adalah salah satu jenis hewan yang pintar menggulung badannya. Hewan ini merupakan hewan asli asal dari benua Amerika. Sekilas tubuhnya mirip dengan tikus, namum memiliki perisai yang kuat pada bagian punggungnya (kulit skeleton). Dari beberapa jenis Armadilo, salah satu yang unik adalah jenis pinky armadillo. Tubuhnya kecil, sedikit berbulu dan juga berwarna pink. Betapa lucunya hewan ini. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang armadilo pink.

  • Mempunyai julukan unik

Termasuk dalam famili Dasypodidae, jenis chordata ini merupakan mamalia terkecil di dunia. Chlamyphorus truncates adalah nama binomial untuk pinky armadillo. Hewan ini memiliki julukan yang unik di negara lain di dunia yaitu, Pinky Fairy Armadillo atau bisa disebut juga Si Peri Pink Armadilo. Julukan ini tentunya muncul karena melihat ukuran armadilo pink yang sangat kecil, panjangnya hanya 10–15cm. Kecil sekali bukan? Selain ukurannya, warna pink membuatnya tampak seperti peri–peri kecil yang ada didalam cerita dongeng.

  • Menyukai tempat yang hangat

Armadilo memiliki habitat asli di gurun-gurun pasir hangat yang ada di benua Amerika. Armadilo pink juga hidup di gurun pasir luas yang terdapat di negara Argentina. Armadilo suka bersembunyi di dalam pasir. Ada juga yang suka tinggal di padang rumput yang hangat.

  • Pemakan segala

Armadilo adalah jenis mamalia omnivora atau pemakan segala. Armadilo suka makan semut, cacing, juga tanaman apa saja bisa ia makan. Dari berbagai jenis serangga kecil armadilo sangat menyukai rayap dan semut sebagai santapan favoritnya. Armadilo lebih suka bangun di malam hari untuk beraktivitas mencari makanan. Armadilo juga mempunyai sepasang kuku tajam yang digunakan untuk menggali tanah, mencari makanan dan juga sebagai mekanisme perlindungan diri dari serangan hewan lain.

Armadilo pink saat ini telah menjadi salah satu hewan yang terancam punah spesiesnya. Banyak pihak yang memburu Armadilo untuk dijadikan bahan obat herbal. Sehingga saat ini dilarang melakukan perburuan pada spesies Armadilo dimanapun, karena hewan ini termasuk dalam hewan yang dilindungi. Mari kita jaga hewan–hewan yang hampir punah yang mungkin ada di sekitar kita. Perlu juga menjaga ekosistem alam dari kegiatan-kegiatan yang merusak alam, agar semua makhluk hidup yang ada di dalamnya dapat hidup selaras. (*)

Foto Armadilo Pink: wired.com

Kata kunci pencarian:

Related Posts