Fakta-fakta Menarik Tentang Seekor Hiu

Hiu dikenal sebagai binatang yang ditakuti. Terlebih banyak film yang memperlihatkan kebrutalan seekor hiu di alam liar. Namun pada kenyataannya, seekor hiu tidaklah setrengginas yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Jumlah penyerangan hiu terhadap manusia pun terbilang sedikit.

Selain itu, hiu juga terkenal memiliki jenis yang sangat beragam. Hiu juga mempunyai beberapa fakta yang mungkin jarang diketahui oleh publik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Hiu merupakan hewan yang tak memiliki satu pun tulang di dalam tubuhnya. Mereka hanya memiliki sebuah rangka yang tersusun atas tulang rawan. Meskipun begitu, tulang rawan hiu cukup keras dan memiliki sifat yang fleksibel.
  • Tahukah kamu kalau sepanjang hidupnya, hiu terus bergerak. Dengan begitu, hiu bisa memanfaatkan tenaga air untuk mengirimkan oksigen ke dalam aliran darah. Bahkan jika hiu berhenti bergerak, mereka bisa terancam mati.
  • Hiu merupakan hewan dengan tingkat pendengaran yang sangat sensitif. Bahkan mereka bisa mendengar suara dari jarak 500 meter.
  • Tak hanya pendengaran, hiu juga terkenal memiliki penciuman yang sangat bagus. Bahkan mereka bisa mencium keberadaan setetes darah yang jatuh ke dalam air.
  • Hiu juga merupakan hewan yang sangat mandiri. Kemandirian hiu sudah dimulai pada saat mereka baru saja lahir. Bayi hiu bisa merawat dirinya sendiri, bahkan tak jarang seekor bayi hiu harus menghindar dari induknya karena bisa-bisa menjadi mangsa orang tuanya sendiri.
  • Di antara sekian banyak jenis hiu, hiu putih merupakan yang terkenal paling ganas. Hiu ini mampu bergerak dengan kecepatan 30 km per jam. Selain itu, hiu ini juga merupakan salah satu spesies hiu yang berdarah hangant. Oleh karena itu mereka harus makan secara teratur untuk menjaga temperatur tubuhnya.

sumber: science kids

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment