Fakta dan Informasi tentang Harimau (2)

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, “Fakta dan Informasi tentang Harimau (1)“.

Tidak seperti singa, yang hidup dalam kelompok (prides), harimau adalah hewan soliter yang membangun wilayah sendiri, dengan mencari tempat yang banyak mangsa dan persediaan air.

Serangan harimau pada manusia jarang terjadi, tetapi itu pernah dan bisa terjadi, terutama di mana manusia dan harimau berdekatan, apalagi jika manusia mengganggu harimau.

Dimana harimau hidup?

Harimau yang hidup di alam dapat ditemukan di 13 negara Asia, dari India bagian barat, Indonesia bagian selatan, Siberia bagian utara. Harimau juga dapat ditemui di sepanjang jalan ke Mesopotamia dan Caucasus.

Status konservasi : Kritis

Harimau menghadapi ancaman dari hilangnya habitat dan fragmentasi, kurangnya mangsa dan perburuan liar.

Negara tempat hidup harimau, termasuk India, Indonesia, Myanmar, dan provinsi Jilin Cina dan provinsi Primorsky Rusia semua memiliki rencana konservasi atau perjanjian di tempat untuk mencoba dan membendung gelombang hilangnya harimau. Harimau yang dibesarkan di kebun binatang di seluruh dunia untuk menjaga populasi mereka secara genetik.

Fakta lain

  • Harimau Malaya dan harimau Indo-Cina dianggap spesies yang sama sampai tahun 2004, ketika dianalisis genetiknya, menunjukkan bahwa mereka sebenarnya spesies yang berbeda.
  • Menurut WWF, harimau Cina Selatan diperkirakan punah secara fungsional. Saat ini 47 harimau di Cina Selatan hidup di 18 kebun binatang, semuanya di Cina.
  • Harimau Sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia.

 

Sumber:

Live Science

Sumber lain:

World Wildlife Fund (WWF)

Save the Tigers Fund

International Union for the Conservation of Nature (IUCN) Red List of Species

Wildlife Conservation Society (WCS)

TRAFFIC

Panthera

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment