Dibalik Kesuksesan Game “Flappy Bird”

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang game Flappy Bird, game dengan aplikasi nomor satu di iOS App Store di lebih dari 100 negara. Game Flappy Bird saat ini sedang ramai dibicarakan di media sosial dan media massa, bahkan media massa sekelas Time dan Forbes pun turut mengulas permainan ini. Game ini berasal dari developer asal ibukota Vietnam, Hanoi.

Game Flappy Bird sudah dirilis sejak Mei 2013 untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Flappy Bird dibuat oleh Nguyen Ha Dong, berusia 29 tahun, asal Hanoi, Vietnam. Ia meluncurkan game Flappy Bird pada Mei 2013 di bawah bendera dotGears Studio, meskipun itu bukanlah nama sebuah perusahaan, dan hanya Dong sendirilah yang berada di Gears Studio.

Dalam sebuah wawancara dengan The Verge, Rabu (5/2/2014), developer Don Nguyen mengatakan bahwa game yang kini menjadi aplikasi terlaris di App Store dan Google Play Store tersebut memiliki pendapatan 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) per hari. Pendapatan tersebut berasal dari iklan yang ditampilkan di layar saat game Flappy Bird dimainkan.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa ini adalah sebuah kebetulan, dan Dong Nguyen adalah pria yang beruntung. Tapi walau mungkin demikian, ia tahu dan memenuhi apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan orang-orang dalam sebuah game casual di tahun 2014.

“Popularitas bisa menjadi keberuntungan saya,” ucap Dong dalam wawancara dengan Chocolate Lab Apps.

Dong sendiri tidak tahu mengapa game buatannya bisa begitu populer. “Sulit untuk percaya. Saya tidak memiliki sumber daya untuk melakukan hal lain selain mengunggah permainan ini (ke Apple App Store dan Google Play Store),” kata Dong.

flappy-bird-screenshot

Berikut adalah beberapa alasan atau strategi yang membuat Flappy Bird sukses.

1. Sangat sulit

Tentu saja, hal pertama yang Anda sadari ketika bermain Flappy Bird adalah betapa sulitnya game ini. Beberapa rekan di Tech In Asia bahkan belum melewati tiang pertama. Game ini sangat sulit hingga membuat kita frustasi, kesal, dan juga terasa lucu.

Dan ini mungkin adalah alasan terbesar untuk kesuksesannya. Orang suka menyiksa diri mereka sendiri, dan mereka senang untuk berbagi. Sulitnya permainan ini adalah rekayasa untuk membuatnya viral.

2. Sangat Sederhana

Flappy Bird sangatlah sederhana. Angry Birds , Clash of Clans, dan nama besar game mobile lainnya membutuhkan waktu beberapa menit bagi para gamer untuk belajar bagaimana memainkannya. Dan setiap detik saat Anda harus mengajari pengguna baru cara bermain, Anda kehilangan pengguna lain.

kita mungkin bisa menyerahkan iPhone/android kita ke siapapun di jalan, dalam satu detik, mereka akan tahu cara bermain Flappy Bird. Itu berarti siapapun dapat memainkannya dan siapapun akan memainkannya. Dan entah bagaimana ini sangat seimbang dengan kesulitan game-nya. Sangat mudah untuk dipelajari, tetapi hampir mustahil untuk dikuasai.

3. Selalu menantang

Mungkin yang terburuk, dan sekaligus juga yang terbaik, adalah bagaimana Flappy Bird selalu membuat Anda merasa bisa melakukannya lebih baik. Dengan Flappy Bird, tidak ada kepuasan. Ini pada dasarnya adalah satu level. Dan setiap poin memberitahu betapa buruknya permainan Anda.

  • “Oh, you got two points? You suck”
  • “Oh, you got 25 points? You suck”
  • “Oh, you got 100 points?! Wow! You still suck!”

Saat dimana Flappy menunjukkan poin, Anda akan merasa gagal dan ingin memperbaikinya. Dan saat Anda ingin memberitahu semua orang: “Hei! Aku mendapat 20 poin!”, tapi di internet, selalu ada seseorang yang lebih baik daripada Anda.

4. Hanya menggunakan sedikit tombol

Jika Anda perhatikan, ketika bermain Flappy Bird, hanya ada tiga tombol pada layar. Total, untuk seluruh game, ada Start, Score, Rate, Pause, Tap, Oke, dan Share. Hanya tujuh tombol. Ini adalah bentuk dedikasi Dong Nguyen untuk kesederhanaan dan juga hal yang membuat game ini menjadi viral.

5. Butuh keahlian

Beberapa orang tidak bisa memainkan Flappy Bird dengan baik. Setelah beberapa kali mencoba, mereka melemparkan handphone mereka ke dinding dan mereka menyerah. Mereka tidak pernah melewati tiang pertama dan mereka sudah selesai. Aplikasinya kemudian dihapus. Tapi ada juga orang yang bisa mendapat 50 atau bahkan 60 poin di Flappy Bird. Ini bukan permainan dimana Anda dapat melewati level tertentu atau mendapatkan petunjuk tentang cara memecahkan teka-teki.

Flappy Bird dapat anda download secara gratis, silahkan klik link berikut:

Jika Anda merasa kurang puas memainkan game Flappy Bird dari ponsel pintar atau tablet, Anda bisa memainkannya di perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, yaitu komputer pribadi (personal computer/PC).

Ya, game Flappy Bird kini bisa diakses melalui situs web, sehingga Anda dapat memainkannya dari PC. Anda harus mengunjungi situs web di tautan ini untuk memainkan game yang menjengkelkan karena kesulitannya, namun sangat membuat penasaran itu.

Selain itu, Anda juga dapat memainkan Flappy Bird dari situs jejaring sosial Facebook melalui tautan ini.

Sumber:

Tech in Asia

The Verge

Kompas Tekno

Chocolate Lab Apps

Related Posts

Add Comment