Daya Tarik dan Ciri Burung Ciblek yang Baik

Daya tarik burung ciblek yang baik ada pada suara kicau yang besar, walau kicau burung ini senada tetap banyak yang senang menikmati khususnya saat burung berkicau berulang kali serta terus-menerus bersuara dengan nada tinggi dalam kurun waktu yang lama.

Ciblek banyak didapati di Jawa, Bali serta Sumatera. Habitat ciblek banyak didapati daerah sawah, kebun, ladang, pinggiran hutan serta di sekitar rumah masyarakat, dari dataran rendah sampai pada ketinggian 1000 m dpl amat mungkin didapati burung ciblek.

Musim berkembang biak burung ini tidak pasti, walau demikian biasanya mereka berkembang biak pada waktu mendekati musim hujan dengan jumlah telur dihasilkan antara 2 s/d 3 butir.

Makanan alami paling disenangi ciblek yaitu serangga, seperti ulat daun, rayap, telur kupu-kupu, telur semut serta serangga lainnya.

Ciri-ciri Ciblek yang Baik

burung-ciblek-bertengger-dipohon

Burung ciblek dibilang baik jika sudah rajin berkicau. Tetapi hal semacam itu belum cukup bila mau membawa ke arena lomba. Suara kicau dibilang baik bila volumenya besar, keras, tajam, cepat serta tebal. Hal ini amat mustahil didapat pada ciblek bakalan atau baru di tangkap.

Karenanya mesti pandai menentukan bakalan supaya kelak berpotensi memiliki kicau yang keras yakni dengan cara melihat paruhnya. Paruh agak panjang serta tidak terlalu tebal menandakan bahwa ciblek mempunyai nada yang baik serta rajin berkicau. Sementara itu, paruh yang pendek dan tipis umumnya tidak sering berkicau.

Simak artikel lainnya tentangĀ Burung Ciblek. serta informasi lainnya tentang Celepuk Reban, Burung Hantu Mungil yang Menggemaskan ,

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment