Contoh Hewan Mamalia

Contoh Hewan Mamalia – Sudah tahukah kalian apa saja hewan yang ada di sekitar kita yang dapat dijadikan contoh hewan mamalia, dan berapa jumlahnya? Mungkin beberapa kalian akan menyebut nama sapi, kerbau, kucing, anjing, dan kerbau. Ya, tepat sekali. Mereka adalah hewan-hewan yang tergolong dalam kelas mamalia. Lalu, apalagi yang kalian tahu tentang hewan mamalia? Apa saja ciri-cirinya? Dan apa saja ordo dari kelas mamalia?

Contoh hewan mamalia yang telah disebutkan di atas jika diperhatikan memiliki kemiripan bukan? Beberapa kesamaan ciri-ciri tersebut nampak pada kelenjar susu, dimiliki oleh semua hewan. Selain itu, seluruh tubuhnya juga ditutupi oleh bulu. Ciri-ciri Hewan Mamalia lain yang mudah dilihat adalah memiliki rahang yang dilengkapi dengan gigi. Jari-jari pada tangan dan kaki mamalia memiliki kuku atau cakar. Sebagian besar mamalia berkembangbiak biak dengan cara beranak, namun ada pula yang bertelur, yaitu dari ordo monotremata.

Jika dilihat dari makanannya, hewan mamalia ada yang pemakan tumbuhan, pemakan daging, maupun pemakan berbagai jenis makanan. Contoh hewan mamalia tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Hewan mamalia pemakan daging:

  1. Harimau
  2. Kucing
  3. Serigala
  4. Singa
  5. Anjing

Hewan mamalia pemakan tumbuhan:

  1. Sapi
  2. Kerbau
  3. Jerapah
  4. Kambing
  5. Gajah
  6. Rusa

Hewan mamalia pemakan berbagai macam makanan:

  1. Kera
  2. lutung
  3. Tikus
  4. Orang utan
  5. musang

Sebenarnya masih banyak sekali contoh hewan mamalia yang ada di sekitar kita. Beberapa hewan mungkin ada di suatu daerah namun tidak ditemukan di daerah lain karena merupakan hewan endemik. Bisa pula beberapa hewan sudah mengalami kepunahan sehingga tidak dapat lagi ditemukan di berbagai tempat habitat mereka. badak bercula satu dan orang utan adalah dua jenis hewan mamalia yang hampir punah tersebut.

Demikian informasi yang dapat binatang.net sampaikan, jangan lupa baca jug artikel tentang Penyakit yang Dibawa Hewan Peliharaan.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

2 Comments

Add Comment