Ciri-Ciri dan Contoh Hewan Ovipar

Berdasarkan cara perkembangbiakannya, hewan dibagi dalam tiga jenis, yaitu hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Sudah tahukah beda ketiga jenis perkembangbiakan tersebut? Ovipar adalah istilah bagi hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Sedangkan vivipar adalah perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Adapun ovovivipar adalah jenis hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur melahirkan. Artinya, embrio berkembang di dalam telur yang masih berada dalam tubuh induk, dan setelah cukup usia, menetas dan keluar tubuh induk.

Artikel ini akan membahas mengenai jenis perkembangbiakan hewan yang pertama. Hewan ovipar, atau hewan yang berkembang biak dengan bertelur banyak macamnya. Contoh hewan ovipar tersebut adalah ayam, bebek, merpati, beberapa jenis ikan, buaya, dan katak. Di dalam telur, embrio berkembang dengan cara memanfaatkan cadangan makanan yang ada. Setelah cukup usia, telur dikeluarkan, dan agar menetas perlu dierami.

ayam lucu hewan ovipar

Agar lebih memahami tentang ovipar, di bawah ini adalah ciri-ciri hewan yang tergolong hewan ovipar. Yuk disimak!

  1. Memiliki telinga yang tidak berdaun telinga.
  2. Tidak memiliki kelenjar mamae/susu karena tidak menyusui.
  3. Beberapa hewan mengerami telur hingga menetas, misalnya ayam dan burung.
  4. Beberapa lainnya tidak mengerami telurnya, seperti beberapa jenis ikan yaitu bandeng, mujair, dan nila.

kumpulan hewan ovipar

Beberapa ciri-ciri hewan ovipar di atas adalah ciri fisik yang paling mudah dilihat ketika akan membedakan jenis hewan yang tergolong hewan ovipar, vivipar, ataukah ovovivipar. Mudah kan, untuk memprediksi manakah jenis hewan yang bertelur, melahirkan, ataupun bertelur dan melahirkan? Sebagai catatan, beberapa jenis ikan tergolong ovipar. Namun demikian, ikan mamalia seperti hiu tidak bertelut. Hiu adalah golongan ikan mamalia yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Demikianlah, semoga bermanfaat!

Baca juga artikel Menghibur Panda dengan Fasilitas Modern

Kata kunci pencarian:

Related Posts

9 Comments

Add Comment