Chinchilla, Pilihan Hewan Peliharaan Unik yang Mirip dengan Tikus dengan Telinga Besar

Hewan unik biasanya menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta binatang. Salah satu yang kerap menjadi pilihan adalah seekor hewan yang berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan bernama Chinchilla.

Hewan yang satu ini memang lucu. Bentuk binatang yang satu ini mirip dengan hamster. Meskipun berbentuk mungil, hewan yang satu ini memiliki tingkat adaptasi yagn tinggi. Habitat aslinya yang berada di daerah pegunungan, membuat Chinchilla memiliki tubuh yang lincah dan tangkas.

chinchilla putih

Untuk memelihara hewan unik yang satu ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Hewan ini biasa tinggal di dataran tinggi. Jadinya, kalau Chinchilla tinggal di Indonesia, maka hewan ini akan memperoleh masalah dalam hal beradaptasi dengan suhu.

Pada suhu di atas 25 derajat Celcius, hewan ini akan merasa kepanasan. Terlebih Chinchilla adalah hewan yang susah untuk mengeluarkan keringat. Untuk mengetahui apakah hewan kepanasan atau tidak, kamu bisa melihatnya pada bagian telinga. Telinga hewan ini akan berwarna merah jika Chinchilla merasa kepanasan.

2. Chincilla tak suka dengan air. Untuk membersihkan bulu-buluya, hewan ini mandi dengan debu. Di alam liar, biasanya hewan ini mandi dengan debu vulkanik. Membersihkan bulu hewan ini dengan air pun berisiko. Hal ini karena bulunya sangat tebal dan air akan sulit untuk menguap. Akibatnya, akan timbul jamur yang tentunya tidak kamu harapkan bukan?

3. Chincilla adalah hewan pengerat, sama seperti seekor tikus. Hewan ini pun memiliki gigi yang terus bertumbuh. Oleh karena itu, hewan ini kerap menggigit kayu untuk menghambat pertumbuhan giginya.

4. Ketika memelihara hewan yang satu ini, kamu juga harus memperhatikan masalah makanan. Chinchilla merupakan binatang dengan sistem pencernaan yang sangat sensitif. Makanan dengan kadar air tinggi sebaiknya dihindari. Selain itu, Chinchilla juga sebaiknya tak diberi makan makanan dengan kadar lemak dan protein tinggi, karena bisa mengakibatkan gangguan hati. Makanan dengan kadar gula tinggi pun bisa membuat hewan ini diare bahkan diabetes.

Gimana? Tertarik untuk memelihara hewan yang satu ini? Demikianlah artikel tentang Chinchilla, binatang/hewan yang sejenis/mirip tikus.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment