Chinchilla, Hewan Unik Asal Amerika Selatan

Chinchilla, Hewan Unik Asal Amerika Selatan – Hallo sobat, apakah sudah mengenal hewan yang unik asal Amerika Selatan ini ? Yaa cincilla/chinchillas adalah hewan pengerat yang berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Di Tiongkok, hewan yang merupakan anggota familia Chinchillidae ini dikenal dengan nama lóng māo yang artinya adalah kucing naga.

Keunikan hewan hewan yang mirip dengan tikus ini terdapat pada bagian rambutnya. Rambut hewan ini merupakan rambut terhalus di dunia mencapai 30 kali lebih halus daripada rambut manusia. Oleh karena itu, hewan ini harus rutin mandi dengan abu vulkanik agar minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut mereka dapat terbuang.

Faktanya hewan pengerat yang mirip dengan tikus ini memiliki kepadatan rambut mencapai 20.000/cm2. Sehingga chinchilla menjadi hewan darat yang memiliki kepadatan rambut tertinggi. Dengan rambut yang sangat padat ini, chinchilla sangat jarang terkena kutu karena tidak ada ruang bagi mereka (kutu).
Chinchilla tergolong hewan yang memiliki jiwa sosial tinggi. Hewan unik ini sangat suka sekali bermain dengan manusia.  Selain itu, chinchilla adalah hewan yang ramah terhadap manusia, tergolong sangat aktif sekali dan memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu tidak heran bahwa chinchilla merupakan jenis hewan peliharaan unik yang fisiknya sangat lucu seperti hamster.

Cincillia dapat dijadikan hewan peliharaan keluarga yang mudah dibawa kemana-mana karena hewan ini hanya memiliki berat 1 sampai 1.5 pound. Ciri-ciri hewa ini adalah memiliki telinga yang bulat, berbulu halus dan padat, dan biasanya berwarna abu-abu, cokelat, hitam atau putih.

Dihabitat aslinya, chinchilla hidup berkelompok dengan membuat rumah di liang dan celah-celah bebatuan. Habitat asli hewan pengerat ini adalah daerah yang dingin sehingga hewan ini sangat susah untuk berkeringat. Pada beberapa kasus, jika suhu udara disekitar tempat chinchilla berada diatas 25o celcius maka hewan ini akan sangat kepanasan sehingga berkemungkinan terkena heat stroke.

Ciri-ciri jika hewan ini merasa kepanasan dapat sobat lihat pada bagian telinganya akan berwarna merah. Chinchilla menyalurkan darahnya ke bagian kuping, sehingga warna kupingnya pun akan berubah menjadi merah.

Lalu apakah Chinchilla dapat hidup didaerah tropis seperti Indonesia ? Bagaimana caranya agar hewan unik ini dapat kita pelihara ? Mari simak beberapa tips berikut ini.

Tips Memelihara Chinchilla di Indonesia

  1. Buat atau belilah kandang khusus Chinchilla. Kandang khusus chinchilla ini harus menyerupai rumah di habitat aslinya. Berikan bebatuan pada kandang ini agar suasans rumah di habitat aslinya tetap ia rasakan. Lalu jauhkan kandang chinchilla dari paparan sinar matahari langsung.
  2. Dihabitat aslinya hewan ini hidup di daerah bersuhu dingin. Berikanlah AC atau alat pendingin ruangan lainnya pada ruangan yang terdapat kandang chinchilla. Tetapi, sesekali sobat mesti mengajak chinchilla di ruangan yang tidak terdapat AC atau alat pendingin ruangan agar ia dapat beradaptasi dengan suhu yang tropis di Indonesia.
  3. Selalu sediakan makanan atau cemilan yang dapat dikunyah setiap saat. Hal ini dilakukan mengingat bahwa chinchilla merupakan hewan pengerat yang sama dengan tikus atau hamster.
  4. Sediakan debu vulkanik sebagai pengganti air agar chinchilla dapat membersihkan badannya setiap ia inginkan. Jangan sekali-kali sobat berikan air untuk mandi atau bahkan memandikan hewan pengerat ini. Karena bulu chinchilla terkena air maka akan sulit kering dan timbul jamur bahkan dapat membusukan bulu chinchilla
  5. Peliharalah lebih dari 1 chinchilla agar hewan ini tidak merasa kesepian. chinchilla merupakan hewan yang suka berkelomopok sehingga sangat membutuhkan teman. Tips ini hanya optional saja jika sobat merupakan tipikal orang yang memiliki jadwal kesibukan yang tinggi.

Demikianlah informasi dari kami mengenai chinchilla sebagai jenis hewan peliharaan unik yang berasal dari Amerika Selatan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu sobat dalam mengenali dan memelihara chinchilla di Indonesia. Akhir kata kami dari team binatang.net mengucapkan terimakasih.

Salam hangat, team binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts