Cara Pemeliharaan Cacing Tanah

Cara Pemeliharaan Cacing Tanah – Apakah anda tau kenapa cacing tanah hidup di dalam tanah? Ternyata cacing tanah tidak mempunyai semacam pelindung dari serangan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu cacing sangat takut terhadap sinar matahari. Namun disisi lain cacing tanah bisa menjadi sumber penghasilan kita jika kita ingin membudidayakannya.

Jika anda ingin membudidayakan cacing tanah, anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya :

  1. Tempat yang teduh

Kita sudah tahu secara pasti bahwa cacing sangat takut akan sinar matahari, sehingga anda harus menyediakan tempat atau wadah untuk rumah baru cacing yang teduh. Itupun jika anda ingin membuat tempat permanen untuk cacing. Tapi ingat jangan lupa wadah tersebut sudah di beri tanah yang gembur dan atap.

  1. Dijaga kelembapannya

Ketika sudah mempersiapkan tempat untuk cacing, hal yang kedua adalah kelembapan tempat cacing yang harus anda jaga agar cacing nyaman dengan tempat tinggal barunya itu. Anda bisa menyiram tempat cacing itu dengan memerciki sedikit demi sedikit dengan air agar tanah selalu basah tapi tidak terjadi genangan air. Tutup dengan atap yang lembap agar cacing merasa teduh.

  1. Hindarkan dari gangguan hewan

Sebagai makhluk yang masuk ke dalam rantai makanan, cacing pun mempunyai pemangsa yaitu semut, kecoa maupun binatanga yang lain. Dengan menaburkan serbuk kapur anti serangga kesekeliling wadah cacing, diharapkan bisa meminimalisir terhadap gangguan para serangga tersebut.

Terimakasih sudah membaca blog binatang.net, jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya : Budidaya Ayam Kampung.

Related Posts

Add Comment