Cara Merawat Kucing Savannah

Mengenal Kucing Hybrid Savannah – Kucing Savannah adalah salah satu jenis kucing hybrid yang sangat di sukai para cat lovers. Penampilan eksotis yang dimilikinya merupakan hasil kawin silang dari kucing liar serval Afrika dengan jenis kucing Siamese, Bengal dan Egyptian. Kucing ini mirip dengan saudara mereka yang tergolong buas yaitu macan tutul. Sobat bisa mengenalinya dari bintik-bintik hitam khas macan tutul yang terdapat pada sepanjang tubuh kucing Savannah ini.

Sebagai kucing yang unik, Savannah telah dinobatkan sebagai ras kucing paling panjang di dunia dengan panjang mencapai 44 cm atau 17.1 inci oleh Guinness World Records. Sehingga ini dihargai sangat mahal sekali yaitu mencapai 126-347 juta Rupiah (di Amerika Serikat) sedangkan di Indonesia hewan unik ini di jual sekitar 35 juta Rupiah.

Sejarah Singkat Kucing Savannah

Kucing Savannah pertama lahir pada 7 April 1986. Kucing ini merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh Judee Frank terhadap kucing Liar Serval jantan dengan kucing Siamese betina. Lalu pada tahun yang sama Patrick Kelley merasa tertarik dan mengadopsi kucing Savannah milik Frank. Pada tahun 1996, Patrick Kelley bekerja sama dengan Joyce Sroufe untuk menuliskan versi standar dari kucing Savannah. Dan pada tahun yang sama Kelley dan Sroufe mendaftarkan kucing Savannah ini ke International Cat Association yang berhasil di akui pada tahun 2001 dengan nama Kucing Savannah.

Ciri-ciri & Karekteristik Kucing Savannah

Kucing hybrid ini memiliki bentuk tubuh yang cantik dan terlihat buas. Akan tetapi, sifat kucing ini tidak lah seperti penampilannya. Kucing Savannah terkenal cerdas, kesetian dan ramah. Kecerdasan dan kesetiaan kucing ini sering kali menyamai seekor anjing. Bahkan kucing ini sangat senang mengikuti pemiliknya kemana pun.

Selain memiliki kecerdasan, kesetiaan serta sifat yang ramah (tidak agresif), kucing ini juga memiliki kemampuang melompat yang tinggi hingga mencapai 2.5 meter pada saat posisi berdiri. Kucing hybrid ini juga dikenal sebagai kucing yang kepo (selalu ingin tahu), sehingga mereka selalu ingin melakukan kegiatan yang dilakukan pemiliknya.

Yang menarik dari kucing ini adalah mereka tidak takut terhadap air. Hal ini diturunkan dari sifat induk nya yaitu kucing bengal. Kucing savannah juga dapat sobat ajak berendam bersama-sama. Kucing ini membawa sifat dari iduknya yang lain yaitu kucing serval. Kucing serval terkenal suka mendesis, sama halnya dengan kucing savannah. Akan tetapi, kucing hybrid ini juga bisa mengeong seperti kucing pada umumnya.

Cara merawat Kucing Savannah

Sebagai kucing hybrid, perawatan kucing Savannah tergolong susah-susah gampang. Berikut tips perawatan kucing Savannah yang benar.

  • Selalu rutin memberikan air minum didalam tempat minumnya.
  • Berikan makanan kucing yang memiliki kualitas tinggi. Sobat bisa memberikan makanan kaleng atau pun kering. Pemberian makanan kaleng dapat sobat lakukan 2 x sehari sedangkan dan dipadukan dengan pemberian makanan kering. Makanan kering ini berguna untuk membersihkan gigi kucing hybrid ini.
  • Rutinlah membersihkan/memandikan kucing hybrid ini paling sedikit sekali seminggu. Sobat dapat menggunakan shampo khusus kucing yang banyak di jual dipetshop.
  • Ajaklah kucing bermain dan berkeliling daerah rumah sobat. Kucing ini paling tidak suka berdiam diri dirumah, mereka lebih suka bermain diluar.
  • Persiapkan P3K untuk kucing. P3K disini maksudnya adalah sobat mesti menyediakan obat-obatan yang pada umumnya dibutuhkan oleh kucing ketika sakit ringan seperti obat kutu dan obat flu kucing.
  • Berikan vaksinasi sesuai anjuran dokter. Datanglah ke dokter hewan dan mintalah vaksinasi untuk kucing sobat. Dan lakukanlah vaksinasi ini secara rutin sesuai anjuran dokter.
  • Berikanlah ia mainan. Kucing ini paling cepat bosan, maka dari itu sobat bisa memberikannya mainan berupa mainan yang berbulu, kucing mainan, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi dari kami tentang mengenal kucing hybrid Savannah mulai dari sejarah singkat, ciri-ciri & karakteristik serta cara merawat kucing Savannah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu sobat dalam mengenali lebih jauh tentang kucing savannah serta dapat merawatnya dengan baik. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Salam hangat, team binatang.net.

Kata kunci pencarian:

Related Posts