Cara Merawat Hamster Untuk Pemula

Hamster yaitu sejenis tikus yang banyak dipelihara lantaran bulunya yang halus dan juga bentuknya yang lucu. Tidak heran bila banyak orang-orang dari bermacam latar belakang serta usia yang berkeinginan untuk membuat hamster sebagai hewan peliharaan. Banyak yang beranggapan bahwa merawat hamster itu susah. Tetapi, bila anda punya niat untuk pelihara hamster, anda tetap harus memperbanyak info cara merawat hamster. Karena apa? Bila langkah merawat hamster ini tidak tepat, pasti bakal menyebabkan dampak yang tidak baik untuk hamster peliharaan anda.

Pelihara hamster tergolong gampang lantaran perawatannya yg tidak terlampau rumit. Sekalipun demikian, anda juga tak dapat menyepelekannya. Bila anda mengambil keputusan untuk memelihara hamster, maka anda mesti punya komitmen untuk bertanggungjawab atas hamster tersebut. Berikut sebagian panduan untuk menjaga hamster untuk pemula :

Cara Merawat Hamster Untuk Pemula

  • Sebaiknya anda mencermati penentuan model hamster yang mungkin dapat anda pelihara. Anda dapat menanyakan kepada pemilik toko hewan, maupun bertanya kepada pemelihara hamster yang lain. Tentunya, anda mesti banyak mencari info tentang model hamster yang mungkin dapat anda pelihara. Supaya anda tak terasa kesusahan waktu memeliharanya. Juga penting buat anda ketahui pola makan serta beberapa hal mendasar dalam perawatan hamster itu.
  • Hamster benar-benar memerlukan kasih sayang dari pemiliknya. Kenapa demikian? Karena dengan kasih sayang, hamster yang anda pelihara bakal makin gampang diatur. Anda mesti sering-sering menyentuh serta bermain dengannya supaya ia cepat mengetahui anda. Begitupun dengan mencium aroma tangan anda. Hamster peliharaan anda dengan cepat menyesuaikan dengan anda.
  • Beri perhatian lebih untuk kandangnya. Hamster pasti bakal menggunakan semua waktunya didalam kandang. Oleh karena itu anda perlu memenuhi semua keperluan yang membuatnya nyaman saat ada didalam kandangnya. Anda perlu memastikan kebersihan serbuk kayu untuk kandangnya. Seperti ganti serbuk kayu 2 kali dalam satu minggu untuk melindungi kebersihan kandang hamster. Serbuk kayu bermanfaat untuk menghangatkan badan hamster sekaligus jadi tempatnya untuk buang kotoran. Serbuk kayu ini dapat anda peroleh di beberapa toko hewan.
  • Cermati kebersihan kandang hamster. Karena kandang yang kotor bakal mengakibatkan hamster rawan terjangkit penyakit. Satu minggu atau mungkin dua minggu sekali, kosongkan kandang serta bersihkan kandang secara keseluruhan. Jangan sampai lupa untuk membersihkan semua peralatan serta aksesori yang ada didalam kandang. Yakinkan seluruhnya dalam situasi bersih saat anda kembalikan hamster kembali ke kandangnya.
  • Anda juga mesti pintar menentukan aksesori yang bakal anda tempatkan didalam kandang hamster. Yakinkan bahwasanya aksesori itu memanglah dibutuhkannya. Bukan sekedar hiasan saja. Perlu anda kenali bahwasanya di alam liar, hamster bakal jalan sampai delapan mil dalam semalam cuma untuk mencari makan. Hal itu adalah satu diantara insting alaminya. Juga bila ia tak mengerjakannya atau mungkin tak ada media untuk dirinya melakukan hal itu, bakal beresiko mengakibatkan kelumpuhan. Karena itu, anda butuh menaikkan aksesori berupa roda untuk media penyaluran insting alaminya itu. Anda juga membutuhkan suatu kotak kardus kecil atau mungkin sesuatu yang bisa jadi tempat persembunyian hamster saat ia akan tidur. Karena, cara tidur hamster yaitu dengan bersembunyi. Hamster juga suka jalan lewat terowongan. Jadi anda butuh menambahkannya dalam daftar aksesori yang perlu anda penuhi.
  • Cermati juga persediaan makanan, dan air untuk perawatan hamster. Anda perlu sediakan air tawar serta makanannya berbentuk biji bunga matahari didalam tempat makannya serta mengisinya setiap hari. Anda juga bisa memberikan sedikit wujud makanan lain seperti wortel, seledri, apel serta anggur untuk menambah nutrisi yang dibutuhkannya. Tetapi perlu dipantau takaran serta jadwalnya. Karena konsumsi makanan penambahan ini tak dapat dijalankan sering-sering. Juga tak dapat diberikan dalam jumlah yang banyak. Karena dapat mempengaruhi pencernaan hamster itu sendiri. Jangan sampai anda berikan makan coklat, biji kopi, atau kafein apa pun pada hamster lantaran hal semacam ini bisa menyebabkan kematian.
  • Jangan sampai merendam hamster dalam air untuk mandi atau alasan apa pun. Hamster merupakan salah satu binatang yang rawan pada serangan penyakit. Hamster sebetulnya bakal bersih sendiri sepanjang waktu serta umumnya tak perlu dibuat bersih. Mandi debu adalah kesukaan hamster kerdil. Anda bisa beli debu atau mungkin bubuk debu untuk mandi hamster di toko hewan peliharaan. Bila sekali waktu benar-benar mengharuskan anda untuk bersihkan sesuatu dari hamster anda. Anda bisa dengan aman memakai kain basah atau mungkin tisu khusus untuk hewan peliharaan. Tak perlu memakai sabun atau sampo pada hamster Anda.

Nah, sekian tentang Cara Merawat Hamster Untuk Pemula. Semoga bermanfaat 🙂

Kata kunci pencarian:

Related Posts

6 Comments

Add Comment