Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Gacor

Burung Murai Batu merupakan salah satu burung pengicau yang sedang terancam keberadaannya karena sering diburu manusia. Burung yang memiliki nama latin Copsychus malabaricus ini tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa. Burung Murai Batu ini khas lantaran memiliki ekor yang panjang, badannya berukuran 14-17 cm. Tubuhnya berwarna hitam, kecuali bagian bawah tubuhnya yang berwarna merah cerah hingga jingga kusam.

Berikut ini adalah panduan serta cara merawat burung murai batu agar gacor :

  • Pertama diawalai dari langkah penentuan jenis kelamin burung .Umumnya, burung yang rajin berkicau yaitu burung yang berjenis kelamin jantan, serta kebanyakan banyak pecinta burung sudah mengetahui beda burung jantan dan juga burung betina.
  • Setelah itu burung dimandikan setiap pagi dengan cara menyemprot menggunakan spray atau mungkin dapat pula dengan memakai keramba mandi supaya lebih bebas sekalian kita dapat membersihkan kandangnya. 
  • Bersihkan kandang tiap-tiap hari termasuk buang kotoran burung, ubah atau imbuhkan makanan, ubah air minum serta upayakan memberi air minum burung dengan air yang telah dimasak atau mungkin dapat pula dengan air paket / air mineral. 
  • Kerjakan penjemuran sepanjang lebih kurang 1 jam atau lebih bila matahari betul-betul cerah serta bisa lebih lama jika keadaan matahari tidak terlalu cerah. 
  • Siapkan makanan yang cukup seperti voer yang berkwalitas, lantaran pada makanan kemasan tersebut ada kandungan vitamin, protein serta zat lain yang diperlukan oleh burung. 
  • Berilah makanan khusus (EF : Extra Fooding) seperti jangkrik tiap-tiap pagi 3 – 4 ekor serta sore juga 2-3 ekor, dapat pula ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari dan juga kasih kroto untuk variasi jenis EF yang lain yang juga amat disukai oleh Murai Batu serta sangat bermanfaat.
  • Laksanakan pemasteran suara. Pemasteran suara ini bisa menggunakan suara burung secara langsung maupun dengan suara burung dalam bentuk MP3 yang dapat didownload secara langsung di Internet. Melalui latihan pemasteran suara ini, burung Murai Batu bisa berlatih dan terbiasa dengan suara-suara yang ia dengar.
  • Step terakhir, tidak kalah penting. Buatlah suasana disekitar rumah agar ramah terhadap burung murai batu anda. Caranya, dengan membuat burung merasa nyaman. Singkirkan hewan pengganggu seperti kucing, anjing, tikus dan lainnya. Usahakan dihindari demi kenyamanan burung murai batu anda, hal ini dapat berpengaruh pada psikis serta fisik burung anda.

Sekian tentang Cara Merawat Burung Murai Batu

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment