Cara Memelihara Kelinci Hias

Hobi kah anda dengan memelihara kelinci hias? sekarang sudah banyak orang yang berhijrah ke memelihara kelinci hias, banyak alasan yang mereka sandang. Di lihat dari hewannya terlihat sangat mudah dalam memeliharanya, namun meski demikian, anda tidak boleh menyepelekannya apalagi jika anda tidak mengetahui apapun tentang cara merawat kelinci hias. Berikut tips yang bisa anda pakai untuk merawat kelinci hias :

 kelinci hias

1. Perawatan bulu

Umumnya kelinci mempunyai dua jenis bulu, yaitu bulu panjang dan bulu pendek. Untuk perawatan bulu panjang anda harus lebih ektra merawatnya minimal satu minggu dua kali anda harus memandikannya, dan keringkan dengan handuk khusus untuk kelinci agar tidak masuk angin. Anda harus rutin menyisir bulu kelinci agar tidak terjadi hairball atau sumbatan bola rambut pada pencernaan. Untuk bulu pendek itu lebih mudah lagi karena anda hanya perlu memandikan satu minggu satu kali.

2. Pakan

Berilah pakan kelinci setiap hari pada pagi hari dan malam hari, ketika malam hari usahakan untuk memberi pakan lebih banyak daripada pagi hari. Dikarenakan malam hari kelinci akan lebih aktif daripada siang hari. Memberi pakannya pun cukup mudah karena hanya dengan memberi sayuran hijau. Tapi perlu di ingat bahwa anda jangan memberi pakan sayuran hijau segar pada kelinci anda, karena kandungan airnya masih banyak dan itu akan menyebabkan kelinci anda menjadi mencret. Layukanlah dulu sayuran segar yang sudah anda siapkan tadi agar kandungan airnya berkurang.

Demikian informasi yang dapat binatang.net sampaikan, jangan lupa baca artikel tentang kelinci lainnya : jenis kelinci hias, jenis kelinci mungil, jenis kelinci medium dan large, cara merawat kelinci anggora. Semoga bermanfaat 🙂

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment