Cara Beternak/Budidaya Hamster Anggora

Cara Ternak Hamster Anggora – Hallo sobat setia pengunjung binatang.net. Kali ini kami akan membahas tentang cara berternak hamster anggora yang benar. Bagi sobat yang ingin berternak hamster anggora, sobat mesti tahu cara yang benar agar dapat menghasilkan bayi-bayi hamster yang lucu.

Seperti halnya kucing anggora, hamster anggora ini memiliki bulu yang panjang, halus dan lebat menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya. Hamster jenis ini termasuk salah satu hamster yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia.

Ternak hamster anggora merupakan hal yang susah susah gampang. Sobat mesti memiliki kesabaran tingkat tinggi dalam menciptakan rasa kasih sayang antara hewan lucu ini. Hal ini dikarenakan hamster anggora tidak suka hidup berkelompok.

Lalu bagaimanakah cara ternak hamster anggora yang benar tersebut ? marilah simak ulasan dari binatang..net berikut.

1. Pahami karakter hamster anggora
Dihabitatnya, hamster anggora lebih suka hidup sendiri daripada berkelompok. Apabila sobat menggabungkan jenis hamster ini dalam 1 kandang yang sama, maka perkelahian tidak dapat dihindari. Hamster akan menganggap temannya sebagai musuh karena dia belum mengenali bau dari hamster tersebut.

2. Buatkan kandang khusus
Jika sobat ingin menternakan hamster jenis anggora ini, maka sobat mesti memiliki kesabaran tingkat tinggi agar bisa mengakrabkan mereka. Buatlah kandang khusus dari jarring-jaring yang tidak bisa dilewati oleh hamster. Dalam kandang ini buatlah 2 buah ruangan yang dipisahkan oleh jarring-jaring. Hal ini bertujuan agar hamster dapat mengenali bau pasangannya dan mencegah terjadinya perkelahian.

3. Gabungkan hamster
Setelah beberapa minggu didalam kandang khusus yang telah sobat buat, hamster dapat mengenali bau dari pasangannya sehingga tidak menganggap pasangannya sebagai ancaman. Cobalah sobat lepaskan jaring pemisah antara kandang hamster anggora jantan dan betina. Perhatikanlah, mereka pasti akan mencium bau dari pasangan masing-masing. Karena dalam beberapa minggu hamster sobat telah mengenali bau dari pasangannya masing-masing, maka perkelahian antara mereka dapat diminimalisir. Namun jika perkelahian masih terjadi, maka pisahkan lah kembali hamster sobat dan tunggulah dalam beberapa minggu kemudian lalu coba lagi cara ini.

4. Keluarkan mainan hamster dari kandang
Sobat mesti mengeluarkan sementara mainan hamster sobat agar mereka dapat berkonsentrasi dalam perkawinan. Mainan hamster ini hanya akan mengganggu proses perkawinan.

5. Berikan Makanan Terbaik
Makanan merupakan faktor utama dari kesehatan hamster. Jika sobat salah dalam memilih jenis makan untuk hamster sobat, bisa-bisa hamster sobat akan sakin dan bahkan bisa mati. Sobat bisa memilih berbagai jenis makanan yang di jual di petshop-petshop daerah rumah sobat. Perlu sobat ketahui, makanan kesukaan hamster jenis anggora ini tidak berbeda dengan jenis hamster lainnya seperti Campbell, Winter White dan Roborovsky. Makanan yang paling disukai oleh hewan kecil yang imut ini adalah biji bunga matahari. Selain itu, sobat juga bisa memberikan biji tauge, jagung dan semacamnya.

Hal yang tidak boleh sobat lupakan adalah jangan lupa selalu memeriksa ketersediaan air didalam botol minumannya. Untuk melengkapi nutrisi bagi si hamster, berikanlah sayuran segar atau buah-buahan segar. Hamster anggora sangat menyukai brokoli, seledri, bayam dan potongan kecil wortel. Untuk buah-buahannya hamster ini sangat menyukai apel, pisang, anggur dan melon.

6. Jaga kebersihan kandang
Kebersihan kandang merupakan faktor utama seekor induk hamster anggora ingin meneruskan atau tidak perkawinan hingga melahirkan. Sediakanlah rumah-rumahan yang dapat digunakan si induk untuk melakukan proses persalinan nanti. Berikanlah kain lembut sebagai alasnya. Sobat mesti memeriksa secara rutin kebersihan kandang hamster seminggu sekali. Kenapa seminggu sekali ? Karena selama proses perkawinan berlangsung, hamster tidak mau diganggu, maka membersihkan kandang selama seminggu sekali merupakan cara yang terbaik.

Cara ternak hamster anggora diatas dapat sobat terapkan hingga hamster anggora betina hamil. Yang terpenting adalah kesabaran sobat dalam menyatukan hati sepasang hamster anggora ini. Demikianlah informasi dari kami mengenai cara ternak hamster anggora, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Kata kunci pencarian:

Related Posts