Cara agar Ikan Terhindar dari Stres

Tidak hanya manusia  saja yang bisa stres, ikan juga mengalaminya. Seperti biasanya jika kita sudah stres, penyakit begitu mudah datang. Demikian juga dengan ikan kesayanganmu, kalau mereka sudah stres, penyakit dengan mudah menghampiri mereka. Tapi tenang, berikut ada cara untuk menjaga ikan kamu tetap sehat dan terhindar dari stres.

1. Perlu diketahui bahwa jika ikan kamu sakit, itu pertanda mereka telah stres. Kalau ikan sudah  stres sangat mungkin mendapatkan penyakit.

2. Ketahuilah bahwa ikan yang lukanya tidak sembuh-sembuh, biasanya mengalami masalah. Pastikan tidak ada parasit dan menjadi korban bully oleh ikan lainnya.

3. Jika ikan kamu kehilangan nafsu makan, pastikan kamu memberikan berbagai makanan dan tidak bersaing untuk mendapatkannya dengan ikan lainnya.

4. Berikan ruang ikan kamu. Pastikan bahwa akuariumnya tidak terlalu ramai. Seperti orang, ikan juga membutuhkan ruang mereka.

5. Pastikan bahwa spesies yang ada dalam akuarium kamu sesuai dengan ikan kamu.

6. Jauhkan akuarium pada suhu optimum dan pastikan peralatan dalam kondisi baik. Ikan membutuhkan oksigen, beberapa ikan yang lebih toleran terhadap air. Seekor ikan yang tetap di dekat bagian atas akuarium dan terengah-engah, itu memberitahu kamu bahwa ia mengalami kesulitan bernapas. Periksa amonia dan tingkat nitrit , filter , dan insang ikan.

7. Jangan pernah menambahkan air keran yang mengandung klorin dan chloramine, itu beracun bagi ikan.

8. Cari tahu apa yang  disukai ikan kamu. Beberapa ikan lebih senang dengan sedikit garam dalam air.

9. Pastikan akuarium tidak terlalu kecil bagi ikanmu. Keramaian juga dapat menyebabkan stres.

10. Hati-hati saat menambahkan obat untuk air akuarium. Setiap perubahan yang kamu buat (kimia) akan mempengaruhi segala sesuatu yang hidup di dalamnya.

Demikian cara menghindari stres bagi ikan, semoga ikan kamu selalu sehat dan senang.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment