Budidaya Ikan Mas Koki

Memelihara ikan koki sebetulnya tidak membutuhkan beberapa keahlian. Yang terpenting anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum anda membeli dan memelihara ikan mas koki, diantaranya :

ikan koki jenis ryukin

  • Mungkin ada yang berbeda dengan ikan yang lain, ikan koki ini sangat membutuhkan gelembung udara jika anda ingin ikan ini tetap hidup, sediakanlah air pump yang dapat menghasilkan gelembung udara pada akuarium anda agar ikan koki tidak cepat mati.
  • Kebanyakan akuarium dipasangkan beberapa hiasan untuk memperindah akuarium, namun tak sedikit pula orang yang hanya menaruh hiasan tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Sebaiknya anda harus memperhatikan bahwa akuarium yang terdapat ikan hias harus terawat kejernihannya, jika ingin memasukan hiasan atau alas (pasir atau batu-batuan) hendaklah di cuci terlebih dahulu agar air akuarium tidak menjadi keruh.
  • Untuk pakan ikan koki cukup meberi makan ikan 1x sehari. Hal ini menjaga agar ikan tidak kekenyangan dan agar lebih agresif. Tapi itupun tergantung dari banyaknya ikan yang ada di akuarium anda.
  • Ikan koki tidak menyukai air yang keruh maka anda harus menguras air akuarium minimal 1 bulan sekali atau jika anda rajin maka 2 minggu sekali cukup (tergantung berapa lama air dapat bertahan).
  • Pada saat pengurasan air dan pembersihan akuarium pastikan ikan koki anda selamatkan. Jangan sekali-kali anda menggunakan tangan untuk mengambilnya karena kulit ikan koki mungkin saja sedikit sensitif. Gunakan jaring atau jala kecil untuk mengangkapnya dan masukan ke air dalam ember. 

gambar ikan mas koki

Jenis Ikan Koki

Ikan Koki memiliki beragam jenis. Lion Head dan Lam Tang Hung adalah jenis ikan mas koki yang paling banyak dipelihara. Harga ikan koki lion head dan lam tang hung dimulai dari harga 25rb sampai 2juta.

Harga Ikan Koki

Menurut peternak ikan koki, harga ikan mas koki kualitas kontes berkisar antara 200ribu-500ribu, bahkan sampai jutaan jika memang kualitasnya sangat bagus. Sedangkan untuk ikan mas koki kualitas pasar, harganya hanya 1000 sampai 50.000.

foto ikan mas koki mutiara

Ikan koki adalah ikan yang gampang mati, sehinga ikan tersebut perlu perawatan lebih untuk kebersihan kolam/akuarium, kebersihan air, gelembung udara dan makanan. Hal ini membuat ikan koki menjadi istimewa, karena ia tidak suka dengan tempat yang kotor. Ikan mas koki memang suka tempat yang bersih, hal ini membuat ikan koki dapat hidup sehat, bebas berenang kesana kemari dan berwarna cerah. Kita pun dapat terhibur hatinya jika melihat ikan mas koki.

Demikian yang dapat binatang.net sampaikan, jangan lupa baca artikel lainnya burung ciblek.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment