Binatang Peliharaan Juga Bisa Sakit Lho

Tak hanya manusia yang bisa terserang penyakit. Hewan peliharaan pun bisa mengalami hal serupa. Oleh karena itu, sebagai pemilik hewan, kamu tentunya juga harus mengetahui bagaimana cara menangani masalah pada saat binatang tengah sakit.

Anjing, salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih pun salah satunya. Menariknya, penyakit yang menyerang anjing ternyata memiliki kesamaan dengan penyakit pada manusia. Di antaranya adalah influenza, alergi, infeksi telinga, komplikasi akibat kegemukan dan lain-lain.

Penyakit pertama yang kerap menyerang anjing adalah flu anjing. Tanda-tanda flu anjing tak jauh berbeda dengan flu pada manusia. Tanda-tanda flu anjing di antaranya adalah bersin-bersin, hidung yang terus meler, batuk serta demam ringan.

Flu anjing juga rawan menular ke anjing lain. Biasanya, flu pada anjing akan bertahan selama tujuh hingga 10 hari. Virus flu anjing menular melalui udara. Kabar baiknya, flu anjing tak terlalu berbahaya dan tak memerlukan tindakan medis khusus.

Selanjutnya, alergi merupakan penyakit yang juga kerap terjadi pada anjing. Menurut sebuah survei, satu dari tujuh anjing diketahui menderita alergi. Akibat alergi tersebut anjing akan mengalami iritasi serta kulit yang gatal. Biasanya, kalau anjing punya alergi, maka anjing tersebut biasanya menjilat cakar serta perut. Selain itu, anjing yang mengalami alergi juga kerap menggosok bagian wajah serta telinganya.

Penyebab alergi pada anjing cukup beragam. Anjing bisa alergi terhadap rumput, debu, serangga, makanan atau obat-obatan.

Selain dua penyakit ini, masih banyak beberapa jenis penyakit lainnya yang biasa menjangkiti anjing. Namun penjelasan mengenai hal itu akan kita lanjutkan pada tulisan berikutnya.

sumber: Gastongazette

Kata kunci pencarian:

Related Posts

No Responses

Add Comment