Bald Eagle, Elang Laut yang Eksotis

Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus; hali=laut, aeetus=elang, leuco=putih, cephalis=kepala) merupakan burung pemangsa yang ditemukan di Amerika Utara. Bald Eagle dikenal juga dengan nama elang laut, penyebarannya sebagian besar di Kanada dan Alaska, semua daratan Amerika Serikat, dan Mexico Utara.

Processed by: Helicon Filter;Elang ini memiliki kepala yang berwarna putih, tubuh yang berwarna coklat, dan paruh yang berwarna kuning, atas keeksotisannya bald eagle telah menjadi lambang nasional Amerika Serikat sejak 1782.

Mulai pada tahun 1950-an, simbol patriotisme Amerika ini mulai menurun populasinya secara dramatis karena penggunaan DDT kimia. Setelah upaya konservasi yang ketat oleh pemerintah Amerika Serikat, elang ini berhasil diremajakan penduduknya dan dapat melanjutkan perannya sebagai burung nasional AS.

Dengan lebar sayap 2 meter, berat 3-7 kg, dan ukuran keseluruhan 71-96 cm, bald eagle adalah salah satu burung terbesar di dunia.

Tinggal di dekat sumber air, elang akan memangsa ikan, bebek, ular dan kura-kura. Mereka juga akan memakan kelinci, dan hewan yang telah mati. Memanfaatkan penglihatan dan cakar yang kuat, elang ini akan menyerang mangsanya dengan menukik ke bawah dan menangkap mangsanya.

Bald Eagle 2Mereka dapat mencapai kecepatan hingga 160 km/jam (100 mph) ketika menukik. Setelah mereka menangkap mangsanya, mereka menggunakan paruh mereka untuk menarik dagingnya.

Elang bald eagle bisa mencapai ketinggian yang sangat tinggi ketika terbang. Mereka bisa naik hingga 3000 m di udara. Saat menjelajah, mereka bisa terbang dengan kecepatang sekitar 65 km/jam (40 mph).

Pada usia sekitar 4-5 tahun, elang bald eagle akan memilih pasangan kawin melalui ikatan. Setelah memiliki ikatan, kedua burung akan dekat seumur hidup. Hanya dalam kasus di mana salah satu elang meninggal atau hilang, mereka akan mencari pasangan baru.

Mereka lebih memilih untuk membuat rumah mereka di pohon-pohon besar di dekat air (baik tawar dan asin), elang ini akan membangun sarang yang sangat besar, yang disebut eyries. Umumnya, eyries mereka setidaknya berukuran setengah meter dengan kedalaman 1,5 m, tapi bisa lebih besar.

Pasangan yang kawin biasa akan memproduksi hingga tiga telur per tahun, meskipun tidak biasanya ketiga akan bertahan. Kedua orang tua biasanya akan bergiliran mengerami telur.

Setelah telur menetas, bald eagle tidak dilahirkan dengan tampilan cokelat dan putih sebagaimna khas mereka. Ketika bayi seluruh tubuh mereka ditutupi dengan bulu abu-abu terang. Sekitar 3 minggu kemudian, bulu mereka akan mengalami perubahan warna menjadi warna coklat. Dan akhirnya, pada usia 4-5 tahun, barulah mereka memperoleh coklat khas dan pola warna putih yang terlihat eksotis.

Sumber: Animal Fact Guide, Wikipedia

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment