Armadillo, Si Kecil Berlapis Baja

Nama Armadillo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “si kecil berlapis baja”, mengacu pada lempeng tulang yang menutupi bagian punggung, kepala, kaki, dan ekornya. Armadillo merupakan makhluk yang aneh dan unik. Armadillo adalah satu-satunya mamalia yang yang memakai cangkang. Armadillo dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah.

Armadillo memiliki keterkaitan dengan trenggiling, armadillo umumnya memiliki moncong yang runcing dan mata yang kecil. Mereka memiliki ukuran dan warna yang bervariasi, spesies terkecil adalah pink fairy armadillo, kira-kira sebesar tupai, dengan berat 85 g dan panjang 11 cm. Spesies terbesar adalah giant armadillo, berukuran seperti babi kecil, dengan berat sampai 60 kg dan panjang bisa lebih dari 150 cm.

Tidak semua armadillo mampu membungkus diri dalam cangkang mereka. Bahkan hanya three-banded armadillo yang bisa meringkuk kepala dan kaki belakang dan memutar cangkangnya menjadi bola keras yang dapat mengacaukan predatornya.

Armadillo hidup di habitat beriklim sedang dan hangat, termasuk hutan tropis, padang rumput, dan gurun. Karena tingkat metabolismenya yang rendah dan kurangnya simpanan lemak, dingin adalah musuh bagi mereka.

Sebagian besar spesies penggali merupakan hewan yang suka tidur, hingga 16 jam per hari, armadillo mencari makan diwaktu subuh dan malam hari, mereka akan menyantap kumbang, semut, rayap, dan serangga lainnya. Mereka memiliki penglihatan yang tidak bagus, mereka memanfaatkan perasaan dan penciumannya yang tajam untuk berburu.

Kaki yang kuat dan cakar depan yang besar digunakan untuk menggali, lidah lengketnya untuk mengekstraksi semut dan rayap dari terowongan mereka. Selain itu, armadillo juga akan memakan tanaman dan beberapa buah, serta makan bangkai sesekali.

Jumlah populasi mereka semakin sedikit, hampir semua spesies terancam oleh hilangnya habitat, ancaman juga datang dari kebiasaan berburu yang dilakukan manusia. Banyak budaya di Amerika yang mengkonsumsi daging armadillo, yang dikatakan menyerupai babi dalam rasa dan teksturnya. Saat ini, hanya populasi nine-banded armadillo yang berkembang. Beberapa spesies lain, termasuk pink fairy armadillo terancam punah.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment