Air Mata Buaya Diminum Kupu-kupu dan Lebah

Air mata buaya menjadi minuman untuk kupu-kupu dan lebah yang lagi haus. Penelitian baru mengungkapkan, serangga tersebut kemungkinan mengandalkan air mata buaya karena air tersebut mengandung garam.

Penemuan itu dilakukan ketika ahli ekologi Carlos air de la Rosa berlayar dengan perahu tenang menyusuri Sungai Puerto Viejo di timur laut Kosta Rika, bersama peneliti, mahasiswa dan pengunjung untuk menonton dan memotret satwa liar disana pada bulan Desember lalu.

Itu “seperti perjalanan kembali ke masa lampau ketika sungai adalah jalan raya utama bagi manusia dan satwa liar,” kata de la Rosa, direktur La Selva Biological Station untuk Organization for Tropical Field Studies di San Pedro, Kosta Rika.

Para peneliti memotret dan memfilmkan kupu-kupu dan lebah yang sedang terbang di sekitar sudut mata seekor buaya, Caiman Crocodilus, buaya yang panjangnya bisa mencapai hingga 2,5 meter, buaya tersebut sedang berjemur di tepi sungai. Kupu-kupu dan lebah dengan santainya meminum air mata reptil raksasa tersebut.

Air Mata Buaya Diminum Serangga

Foto Air Mata Buaya Diminum Kupu-kupu dan Lebah oleh de la Rosa (foto: www.livescience.com)

Ketika de la Rosa melakukan riset online, dia terkejut karena menemukan banyaknya bukti dari air mata buaya yang diminum serangga, tidak hanya dari para ilmuwan, tetapi juga dari para wisatawan, dan fotografer profesional. Hal ini menunjukkan air mata buaya yang diminum serangga bukanlah hal yang langka seperti ahli biologi telah asumsikan.

Masih belum jelas apa jenis nutrisi yang ada di air mata buaya selain sodium (garam).

“Sementara sodium merupakan elemen penting untuk metabolisme dan reproduksi serangga ini, ada juga protein, enzim dan mikronutrien yang juga bisa memainkan peran dalam kebugaran serangga,” kata de la Rosa. “Tidak banyak peneliti yang mempublikasikan topik ini, dan semua laporan yang telah dipublikasikan menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut. ”

Para ilmuwan juga belum begitu mengetahui apakah buaya mendapatkan keuntungan dari diminumnya air mata mereka. Reptil mungkin mengizinkan serangga untuk meminum air matanya hanya karena reptil tidak peduli atau karena tidak bisa mengusir mereka.

Sumber: Live Science

Related Posts

Add Comment