8 Fakta Menarik tentang Kecoa

Kebanyakan pemilik rumah menyadari akan risiko kesehatan dari kehadiran kecoa, termasuk alergi, kuman dan bakteri yang kecoa sebarkan. Tetapi banyak orang yang tidak menyadari dan mengetahui kemampuan dari kecoa, mereka adalah hama yang sangat tangguh, beberapa perilaku mereka telihat sangat aneh dan memiliki taktik hebat dalam bertahan hidup. Sebagai contoh, kecoa menghabiskan 75 % dari waktu istirahatnya dan dapat menahan suhu sedingin 0 derajat celcius.

Berikut ini adalah delapan fakta yang paling menarik tentang kecoa:

1. Kecoa bisa hidup selama seminggu tanpa kepala, karena sistem peredaran darah mereka terbuka, dan mereka bernapas melalui lubang-lubang kecil di setiap segmen tubuh mereka, mereka tidak tergantung pada mulut atau kepala untuk bernapas. Mereka mati karena tidak ada mulut, yang membuat mereka tidak bisa minum air.

2. Kecoa bisa menahan napas selama 40 menit, dan dapat bertahan selama 30 menit jika tenggelam di bawah air. Mereka sering menahan nafas untuk membantu mereka mengatur kehilangan air dalam tubuhnya.

3. Kecoa bisa berjalan hingga 4 km dalam satu jam, yang berarti mereka dapat menyebarkan kuman dan bakteri di seluruh rumah dengan sangat cepat.

4. Seekor anak kecoa yang berumur satu hari, berukuran sangat kecil, dan dapat berjalan hampir secepat kecoa dewasa.

5. Kecoa terbesar di dunia hidup di Amerka Selatan, dengan panjang 15 cm dan lebar sayap 30 cm.

6. Kecoa diyakini berasal lebih dari 280 juta tahun yang lalu, di era Carboniferous.

7. Ada lebih dari 4.000 spesies kecoa di seluruh dunia.

8. Kecoa merupakan serangga berdarah dingin, mereka dapat hidup tanpa makanan selama satu bulan, tetapi tanpa air mereka hanya bisa bertahan hidup selama satu minggu.

Fakta-fakta ini membuktikan bahwa kecoa merupakan binatang yang paling mudah beradaptasi di berbagai lingkungan. Untuk menyingkirkan kecoa di rumah Anda, para ahli menyarankan untuk menjaga makanan tetap tertutup dan disimpan dengan benar, terutama di dapur, yang harus dibersihkan setiap hari untuk mencegah kecoa berkembang biak. Sampah harus dibuang secara teratur dan disimpan dalam wadah tertutup.

Disarikan dari tulisan Dr. Jim Fredicks, Seorang Ahli Serangga dan Spesialis Kesehatan Lingkungan di Virginia, Amerika Serikat.

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment