3 Hewan Lucu yang Mirip Dengan Tikus

Hallo sobat, selamat datang kembali di binatang.net. Kemarin kita telah membahas tentang tikus hias Jepang yang bisa dijadikan peliharaan. Kali ini binatang.net akan membahas 3 hewan lucu yang mirip dengan tikus.

Hewan unik biasanya menjadi pilihan yang menarik bagi para pecinta binatang. Tikus adalah hewan mamalia darat yang tergolong jenis hewan pengerat. Rerata tikus memiliki sifat yang jorok dan suka tinggal di tempat yang kotor. Meskipun demikian, tidak semua tikus menyukai tempat kotor dan memiliki sifat yang jorok. Contohnya tikus hiar Jepang yang telah kami bahas beberapa waktu lalu. Lantas adakah hewan pengerat lainnya yang mirip dengan tikus ? tentu saja banyak. Namun kami hanya membaha 3 hewan lucu yang mirip dengan tikus berikut ini.

Hewan/Binatang Mirip/Sejenis Tikus

1. Chinchilla

Chinchilla hewan binatang mirip sejenis tikus

Hewan yang berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan ini sangat lucu. Dari segi bentuk, hewan ini memiliki kesamaan dengan tikus. Meskipun berbentuk mungil, hewan yang satu ini memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Chichilla memiliki tubuh yang lincah dan tangkas, hal ini merupakan sifat alamiahnya yang biasa hidup di daerah pegunungan.

Sama seperti tikus, hewan ini memiliki gigi yang terus tumbuh. Itu sebabnya hewan ini selalu menggigit-gigit kayu atau benda keras lainnya untuk menghambat pertumbuhan giginya. Habitat asli chinchilla adalah di daerah pegunungan yang memiliki suhu rendah, maka dari itu hewan ini tidak mampu hidup di daerah yang panas seperti Indonesia.

2. Marmut

Marmut binatang hewan sejenis mirip tikus

Marmut biasa disebut Tikus Belanda (Guinea Pig). Marmut adalah salah satu hewan yang mirip dengan tikus. Meskipun dalam bahasa gaul nya marmut disebut Guinea Pig, hewan ini bukan pula sejenis dengan babi dan bukan pula keluarga Guina, namun berasal berasal dari Andes.

Dikampung halamannya (Amerika Selatan), hewan ini memiliki peran yang sangat penting sekali dalam kebudayaan seperti sebagai sumber pakan, obat-obatan bahkan juga dalam upacara keagamaan.

Di Amerika Selatan khususnya wilaya Andean, marmut menjadi hewan peliharaan yang wajib dimiliki. Hewan ini telah dipelihara sejak 5000 SM. Selain sebagai hewan peliharaan, di daerah Kolombia, Ekuador, Peru dan Bolivia marmut sering dijadikan bahan makanan dan obat-obatan.

3. Jerboa

Jerboa hewan binatang mirip sejenis tikus

Sebagai hewan pengerat, Jerboa juga dikatakan mirip dengan tikus. Hewan ini terdiri dari beberapa spesies seperti Jerboa Kerdil Ekor Tebal, Jerboa Berjari Empat, Jerboa Gobi, Jerboa Berkuping Panjang dan lain sebagainya. Habitat Jerboa berada di gurun pasir di daerah Asia dan Afrika.

Dari berbagai macam jenis Jerboa yang ada, binatang.net menemukan 1 spesies yang unik yaitu Euchoreutes Naso atau biasa di sebut Jerboa Kuping Panjang. Ciri khas dari hewan ini adalah memiliki kuping yang sangat panjang. Ukuran kuping dari Jerboa dewasa dapat mencapai 1/3 dari ukuran tubuhnya. Biasanya, ukuran Jerboa dewasa memiliki panjang dari kepala hingga tubuh nya sekitar 7-9 cm.

Dengan demikian, Jerboa juga dikenal sebagai mamalia yang memiliki telinga terpanjang jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Fungsi utama dari telinga panjang milik Jerboa adalah untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Disamping itu telinga ini juga berfungsi untuk menangkap mangsa seperti serangga.

Jerboa juga sangat suka melompat. Hal ini dapat dilihat dari ukuran kaki belakangnya yang cukup panjang. Lompatan dari seekor Jerboa bisa berkali-lipat panjang tubuhnya. Untuk mehindari cedera saat mendarat dari pelompatan, pada telapak kaki Jerboa terdapat bulu. Bulu ini berfungsi sebagai bantalan saat melakukan pendaratan.

Kini populasi Jerboa Kuping Panjang terancam punah, hal ini disebabkan oleh keserakahan manusia yang mengambil habitat mereka untuk lahan industri.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis hewan yang mirip dengan tikus, tapi kami hanya membahas 3 hewan tersebut di atas karena keunikannya. Demikianlah ulasan dari binatang.net mengenai 3 hewan lucu yang mirip dengan tikus. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Kata kunci pencarian:

Related Posts