10 Jenis Hewan Hibrid yang Sangat Menarik (1)

Perkawinan antar hewan tak hanya terjadi pada spesies yang sama. Ada pula perkawinan yang melibatkan dua hewan yang berlainan spesies namun masih terikat hubungan. Kadang perkawinan antar spesies tersebut terjadi secara alami atau buatan dengan bantuan manusia.

Hasil dari perkawinan antar spesies tersebut biasanya dikenal dengan nama binatang hibrid. Dari sekian banyak binatang hibrid, terdapat 10 hewan yang memiliki penampilan sangat menarik. Berikut ini adalah 10 binatang hibrid tersebut.

1. Liger

liger

Nama binatang hibrid ini diambil dari kedua orang tuanya, yakni singa jantan (lion) dan harimau betina (tiger). Kedua binatang ini memang berlainan spesies namun masih dalam satu genus. Dengan memadukan kedua jenis kucing ini, Liger menjadi kucing terbesar, mengalahkan ukuran kedua orang tuanya.

Liger ternyata juga ditemukan di alam liar. Para peneliti sempat beranggapan bahwa liger adalah hewan yang mandul. Namun anggapan tersebut terbantahkan pada tahun 1953, ketika seekor liger berusia 15 tahun sukses kawin dengan singa jantan. Sayangnya, bayi hasil perkawinan liger dengan singa memiliki tingkat kesehatan yang buruk.

2. Lebah pembunuh

lebah pembunuh

Hewan hibrid yang satu ini merupakan salah satu bentuk perpaduan yang salah. Binatang ini merupakan perpaduan antara lebaih Afrika Apis mellifera scutellata dengan lebih madu Eropa jenis A. m. ligustica dan A. m. iberiensis.

Lebah ini pun terkenal sangat berbahaya. Mereka sangat agresif dan tak jarang menyerang siapapun yang dianggap mengganggu. Serangan tersebut biasanya dilakukan secara berkelompok. Setidaknya dua orang meninggal tiap tahun di Amerika akibat serangan lebah pembunuh.

3. Wholpin

wholpin

Hewan ini adalah hasil persilangan antara paus dengan lumba-lumba. Wholpin juga pernah ditemukan di alam liar. Ikan ini pun memiliki karateristik yang berbeda dengan kedua orang tuanya. Wholpin punya gigi sebanyak 66, sementara paus mempunyai 44 gigi dan lumba-lumba kepala botol sebanyak 88 gigi.

4. Kucing Savannah

kucing savannah

Kucing Savannah merupakan binatang hibrid yang telah diakuis secara resmi oleh asosiasi kucing internasional pada 2001. Kucing jenis ini merupakan hasil perpaduan antara kucing domestik dengan Serval Amerika. Kucing ini pun memiliki kebiasaan lebih sisal dibanding kucing domestik. Selain itu, kucing savannah juga memiliki loyalitas yang tinggi, seperti halnya seekor anjing.

5. Coywolf

coywolf

Perpaduan antara coyote dengan srigala akan menghasilkan binatang hibrid bernama coywolf. Fenomena perkawinan tersebut pun bisa terjadi di alam liar. Binatang ini memiliki sifat dua orang tuanya, suka berburu dan agresif seperti srigala namun takut dengan pemukiman penduduk seperti halnya coyote.

Semoga bermanfaat dan dapat menjelaskan kepada anda tentang jenis jenis singa dan macam macam harimau.

sumber: listverse

Kata kunci pencarian:

Related Posts

Add Comment